MAHIR MANCING

Saya disini hanya mencoba membantu para Mancing Mania untuk dapat memahami dan mengetahui lebih dalam segala hal yang berhubungan dengan Hobby Memancing. SEMOGA BERMANFAAT.

Balance Takle

BALANCE TAKLE

Spec yang sudah tertera pada joran ataupun reel adalah hasil optimal testing yang dihasilkan oleh masing-masing maker, untuk maker-maker kelas wahid setting balance takle tidak jauh berbeda jadi kita bisa pakai kombinasi dari joran, reel, line dan lure/ jig misal Joran dari pabrik A, reel dari Pabrik B, line dari pabrik C atau lainya, tetapi akan lebih optimal kalau satu set dari pabrik yang sama he..he.. Karena tentunya pada saat testing si empunya pakai buatan sendiri (serta juga dengan menggunakan buatan kopetitor), dan masing-masing pembuat sudah menganjurkan ballance tckle seperti yang tercantum dalam manual book masing-masing (biasanya ada pada Joran dan reel). selain itu beberapa kategory sudah di sesuaikan dengan target-target yang akan di capai semisal maksimum besarnya ikan, jarak lempar (untuk casting), rod action untuk kesesuaian dari jig/lure yang direkomendasikan agar si pemakai tidak terlalu capek ato malah bulu keteknya rontok he..he..kalo kita teliti lebih jauh dari pembuat kelas wahid mereka sudah membuat joran sedemikian rupa (misal panjang sekian sekian feet/ meter tipe kelenturan minimum sampai maksimumnya)

Berikut hanya merupakan ilustrasi saja :

1. Joran dengan 8bl-16lb (mohon maaf jarang ada spec yang di sebutkan 8-25lb / terlalu besar rangenya )

Biasanya panjang joran 5'8''-6'6'', line yang di recomendasikan merujuk pada action joran dan jarak casting yang dipadukan dengan besarnya guide pada joran tersebut mengingat diameter guide dan diameter line ada hubungan korelasi untuk hasil optimal dari hasil castingnya, selain itu tentunya dengan kita menggunakan line spec minimum berarti fishing game yang di akan kita capai seperti pada IGFA dan lain lain, kalo kita pakai line pada maksimum spec tentu masih dalam range yang di rekomendasikan maka save-save saja karena antara kekuatan line dan dan joran memang sudah di analisa oleh si pembuatnya yang di maksud agar line break terlebih dahulu ketimbang joran patah dulu

2. Reel dengan spec misal 8/220, 10/185,12/150,16/100

Misal pakai 8lb maksimum isi spool adalah 220m dan seterusnya, pada spec reel tercantum minimum di peruntukan untuk game fishing merujuk seperti IGFA dan tentuknya maksimum spec di sesuaikan dengan maksimum drag yang di punyai reel itu sendiri, hanya sekedar info bahwa line spec misal 8lb itu hanya resul test saya kalu di tarik (tidak termasuk knot dan alat yang di pakai) jadi kalo 8lb itu adalah maksimum line jika kita sudah sambung ke line line akan tergantung kekuatan sambungan tersebut ato kekuatan knot itu sendiri. Jadi kalo efek dari tidak menerapkan balance takle itu mudah mudahan sudah ada gambaran dari uraian tersebut diatas bagi yang sudah expert tentunya akan feeling yang berbeda dengan game fishing yang mereka cari.

0 komentar:

Posting Komentar

CARI BLOG INI

JAM

TENTANG SAYA

Foto saya
Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Aku cuma Pemancing Amatiran yang cuma pengen mengetahui lebih banyak tentang berbagai macam hal dalam memancing. Keinginan terbesarku adalah mancing bareng Om Dudit & Kang Bayu dari Tim Mancing Mania Trans7. He....he.....

Followers