MAHIR MANCING

Saya disini hanya mencoba membantu para Mancing Mania untuk dapat memahami dan mengetahui lebih dalam segala hal yang berhubungan dengan Hobby Memancing. SEMOGA BERMANFAAT.

Kupas Tuntas Senar

KUPAS TUNTAS SENAR


Tali pancing saat ini beraneka ragam dan sesuai dengan harga sehingga makin mahal makin bagus juga mutu tali itu sendiri.

Namun ada baiknya saya memberikan 2 gambaran metode dasar memilih tali pancing dari segi bahan tali, yaitu :

1. Nylon (Polyamide)

Pada umumnya pemancing menggunakan tali pancing jenis ini karena mudah untuk didapatkan dan harganya masih terjangkau.

2. Benang

Benang bukan berarti benang biasa tetapi benang yang sudah didesain sebaik dan sekuat mungkin untuk digunakan dalam memancing dan biasanya disebut dengan merk benang tersebut seperti Triline dan sebagainya.

Dari 2 jenis diatas mana yang lebih kuat dan tahan lama dalam arti bahwa semua tergantung harga jenis tali itu sendiri. Dan harus lebih diperhatikan bahwa 2 jenis diatas adalah jenis bahan utama bukan tipe tali.

Tipe tali pancing sendiri terbagi beberapa bagian, yaitu sebagai berikut :

1. Braided

Structure pembentukan tali tersebut disusun lebih dari 3 bagian dan baik jenis Nylon dan benang dapat dijumpai dengan model ini ( lihat gambar )

2. Twisted

Structure pembentukan tali tersebut disusun dari 3 bagian dan baik jenis Nylon dan benang dapat dijumpai dengan model ini ( lihat gambar )

3. Monofilament

Struktur tali ini hanya tunggal pada umunnya dibuat dari jenis Nylon saja.


Dari 3 type diatas baru bisa dilihat kekuatan tali tersebut dan type Braided adalah tipe tali pancing yang saat ini paling kuat dan pada umumnya baik terbuat dari bahan nylon atau benang lumayan mahal. Dan harus diperhatikan dalam memilih tali pancing jangan terfokus akan besar atau kecilnya tali tetapi struktur pembentukan tersebut. Kemampuan kekuatan dalam menarik beban sangat diperhatikan jangan terpengaruh tulisan berat di merk dagang tersebut karena makin besar ikan bukan berarti harus oengaruh dari berat ikan tetapi kekuatan jenis ikan itu sendiri.
Karena berat ikan bisa mencapai 3 kali lipat kekuatan ikan seperti contoh ikan jenis Serisi (keluarga Red Snapper) berat 15kg bisa memilki kekuatan sampai 45-60 kg berbeda dengan ikan kakap merah biasa atau sejenisnya. Yang perlu diperhatikan juga besar dan kecil benang juga mempengaruhi besarnya gulungan pada spull reel sehingga mempengaruhi panjang dan pendeknya tali.

Gambaran sedikit tentang metode dasar memilih tali baik dari segi bahan dan tipe struktur pembentuk diatas semoga dapat memberikan gambaran walau pun hanya sedikit bisa bermamfaat dan dapat dibagi.

0 komentar:

Poskan Komentar

CARI BLOG INI

Memuat...

JAM

TENTANG SAYA

Foto Saya
Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Aku cuma Pemancing Amatiran yang cuma pengen mengetahui lebih banyak tentang berbagai macam hal dalam memancing. Keinginan terbesarku adalah mancing bareng Om Dudit & Kang Bayu dari Tim Mancing Mania Trans7. He....he.....

BROWSING

Loading...

Members Links

Followers